Cara Hapus Channel YouTube dengan Cara Yang Benar - Resmi dari Suhu

Berawal dari iseng buka grub di facebook, disitu saya mendapatkan pertanyaan-pertanyaan yang bisa dibilang pertanyaan yang cukup simpel. Pertanyaannya adalah "info dong bagaimana cara menghapus channel youtube yang benar". Pertanyaan seperti itu sebenarnya sudah banyak sekali jawabannya di internet, bahkan pihak youtube pun sudah memberikan tutorialnya tersendiri, untuk melihat cara menghapus channel youtube versi dari bala bantuan youtube bisa cek disini.

Namun, walaupun demikian masih banyak juga para youtuber yang bingung. Padahal pihak youtube sendiri sudah memberikan keterangan yang cukup jelas. Nah, untuk itu buat kalian yang bingung dengan cara menghapus channel youtube yang diberikan oleh pihak youtube, disini saya akan menjelaskannya dengan versi saya sendiri.

Sebelum itu saya akan menjelaskan terlebih dahulu.

Kenapa harus menghapus channel youtube?

Yang mendasari kenapa harus hapus channel youtube itu sebenarnya ada pada diri kalian masing-masing. Misal, kalian menganggap kalau channel youtube yang kalian miliki itu sudah tidak penting, seperti halnya kasus Reza Arap yang menghapus channel youtubenya.

Atau kalian mungkin memiliki channel youtube lebih dari satu di akun email yang sama. Dan kalian merasa kalau ada beberapa channel yang kalian anggap tidak penting di satu email tersebut.

Atau juga kalian memiliki beberapa channel yang berada pada email yang sama, namun ada satu channel yang sudah di monetisasi dengan konten original dan channel yang lainnya adalah channel video reupload, nah disitu kalian harus wajib menghapus channel yang berada dalam satu email tersebut, agar channel yang sudah di monetisasi tetap aman.

Apa keuntungan menghapus channel youtube?

Sebenarnya keuntungan dari menghapus channel youtube itu tidak ada untungnya. Namun jika memiliki kasus seperti diatas, setidaknya dapat menyelamatkan channel youtube yang sudah di monetisasi.
Cek: Konten paling laris di youtube

Bagaimana cara hapus channel youtube yang benar?

Nah, seperti kata saya di paragraf kedua tadi, saya akan menjelaskan cara menghapus channel youtube yang benar sesuai versi saya sendiri, agar kalian dapat memahaminya secara terarah.

Kalian harus memiliki alasan terlebih dahulu, apa penyebab kalian ingin menghapus channel youtube milik kalian. Jangan sampai jika channel sudah benar-benar terhapus, kalian baru menyesal karena tidak ada alasan yang kuat, karena disini kita akan menghapus channel secara permanen dan benar, jadi channel yang sudah dihapus tidak akan bisa kembali walaupun hanya bayangannya, "hahaha".

Selanjutnya yang kalian lakukan jika sudah memiliki alasan yang kuat ialah.

1. Buka situs youtube di browser kalian, disini saya menggunakan PC, namun jika kalian tidak memiliki PC kalian bisa menggunakan Handphone sebagai bahan praktek. Jika kalian menggunakan handphone caranya tetap sama seperti di PC.

2. Selanutnya kalian bisa pilih channel mana yang ingin kalian hapus. Disini sebagai contoh saya memiliki dua channel youtube dalam satu email, dan disi saya akan menghapus channel saya yang bernama Unik.


Kalian bisa menyesuaikan dengan nama channel kalian yang ingin dihapus. Namun jika channelkalian hanya satu, kalian bisa langsung masuk ke tahap selanjutnya.

3. Jika sudah masuk ke channel yang dipilih, kemudian klik ikon channel kalian masing-masing. Lalu kalian klik setelan. Nanti kalian akan dialihkan ke halaman setelan channel youtube kalian.

4. Tampilan setelan channel youtubenya akan seperti dibawah ini.


Setelah itu kalian klik "Lihat atau ubah setelan akun Anda".
Lihat: Cara buat channel lebih dari 3 di 1 email
5. Setelah mengklik sesuai arahan step ke empat. Kalian akan diarahkan ke halaman akun google channel youtube kalian. Nah, disini kita akan menghapus akun google channel youtube, namun disini tidak akan meninggalkan dampak atau efek kepada email kalian. Disini hanya menghapus akun google channel youtube, yang lain-lain tidak akan berdampak atau berpengaruh. 

Lalu kalian bisa klik "Data & personalisasi"


6. Jika sidah, kalian akan mendapatkan tampilan halaman data & personalisasi akun google youtube kalian. Kalian tinggal scroll sedikit saja dan temukan disitu bacaannya "Hapus layanan atau akun Anda" seperti dibawah ini tampilannya.



Kemudian kalian bisa klik itu.

7. Langsung kalian akan dialihkan ke halaman selanjutnya. Dan langsung saja klik "Menghapus akun google Anda"


8. Setelah kalian klik itu, kalian akan diminta untuk memasukkan kata sandi email. Kalian tinggal masukkan saja, jangan ragu ataupun bimbang.

9. Setelah itu kalian akan mendapatkan tampilan seperti ini. Ingat ya, kalian gak perlu panik, kalian hanya tinggal centang saja apa yang diperintahkan untuk dicentang. Dan kemudian klik "Hapus akun".


10. "Tarrraaa" channel youtube kalian sudah resmi dihapus secara permanen dan benar.



Oke, begitulah cara menghapus channel youtube yang benar. Nah, kalian yang tadinya bingung cara menghapus channel youtube, sekarang sudah paham dan dapat melakukannya kan?

Seperti yang sudah dijelaskan di awal artikel ini, kalian harus memiliki alasan yang kuat terlebih dahulu untuk menghapus channel youtube. Karena jika sudah di hapus, channel tidak akan bisa kembali lagi. 

Dan sebagai penutup, saya ingin mengatakan bahwasannya artikel yang saya tulis ini tidak bermaksud untuk menggurui kalian semua, namun hanya dijadikan sebagai bahan penambah wawasan. Terima kasih sudah membaca tulisan yang singkat ini dan semoga bermanfaat bagi kita semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel