Perbedaan Paling Mencolok Game PUBG Mobile Vs Free Fire

Saat ini game bergenre battle royal begitu banyak peminatnya. Bahkan game bergenre ini, banyak sekali yang megunduh di playstrore. Bisa kita lihat saat ini di Playstore, posisi game terlaris ditempati oleh Free Firee dan PUBG yang sama-sama memiliki genre battle royal.

PUBG Mobile VS Free Fire

PUBG Mobile sebenarnya game mobile yang berawal dari game PC yang dibuat dengan ukuran dan mode gameplay yang cocok untuk mobile, namun tidak mengurangi tujuan dan misi dari game itu sendiri. Hanya saja untuk kualitas grafis jelas lebih low ketimbang yang ada di PC.

Free Fire sendiri merupakan game yang memang diciptakan untuk mobile. Walaupun begitu, Free Fire memiliki Kontrol yang cukup mudah untuk digunakan dan grafik yang cukup halus dan menjanjikan pengalaman bertahan hidup yang bisa ditemukan di ponsel.

Tujuan dan misi dari kedua game tersebut memiliki misi yang sama, yaitu yang bertahan hidup paling lama di medan perang dia yang menang. Walaupun memiliki gameplay yang sama, pasti kedua game ini memiliki perbedaan yang sangat mencolok. Dari kedua game tersebut banyak sekali mengeluarkan ataupun menciptakan para gammer, tak jarang juga para gammer dari kedua belah pihak saling mengejek dan menjatuhkan tentang game yang mereka mainkan.

Untuk itu, kami akan membahas perbedaan mencolok dari game PUBG dan juga Free Fire. Dari perbedaan ini mungkin kalian bisa memilih game yang mana yang akan kalian mainkan nanti.

1. Ukuran Game

Kalau berbicara ukuran game, pasti kalian teringat dengan spek HP kalian apakah memiliki HP spek kentang atau spek dewa.  Untuk ukuran kedua game ini memiliki ukuran yang jauh berbeda, “bagaimana tidak” bisa kita lihat ukuran dari game Free Fire yang hanya berkisar 300MB. Namun cukup berbanding jauh dengan ukuran dari game PUBG Mobile yang memiliki ukuran hampir 2GB. Mungkin dari perbedaan ukuran yang cukup jauh tersebut, bisa kita lihat game Free Fire lebih recomended untuk HP spek kentang. Namun bukan berarti PUBG Mobile tidak cocok, tapi jangan memaksakan HP yang tidak kuat untuk menampung semua file dari game tersebut.

2. Player

Buat kalian yang sudah pernah memainkan kedua game ini pasti sudah tau bahwasannya game Free Free fire hanya memiliki 50 player dalam satu game, itu artinya game ini bisa dibilang sedikit sekali player yang dilibatkan dalam satu game, dan terlebih lagi cukup membosankan ketika baru turun dari pesawat karena tidak adanya perjumpaan langsung dengan musuh dikarenakan player yang cukup sedikit dengan maps yang cukup luas.

Lain halnya dengan PUBG Mobile yang memiliki 120 player dalam satu game. Jelas saja ketika baru turun dari pesawat kita akan langsung tertantang adrenalin karena begitu banyaknya musuh yang berdekatan dengan kita. Apalagi jika belum mendapatkan satupun senjata, bisa-bisa mati konyol dalam game tersebut.
Lihat: Aplikasi pembuat animasi (anime) untuk PC & Android

3. Penerjunan dari Pesawat

Kita semua tahu kalau sebelum memulai game, para player akan berada di pesawat untuk melakukan penerjunan yang nantinya akan turun di lokasi map yang dipilih. Pemain dalam kedua game ini dapat terjun otomatis jika pesawat sudah mendekati ujung map dan apabila mendekati daratan parasut akan terbuka secara otomatis.

Namun yang menjadi perbedaan dari kedua game tersebut  terdapat pada saat terjun dari pesawat, yang dimana game Free Fire menggunakan Sky Boarding sebagai alat untuk melayang di udara, berbeda dengan  PUBG Mobile yang  lebih nyata karena hanya menggunakan Sky Diving tanpa menggunakan papan seluncur seperti Free Fire.

4. Kualitas Grafis

Bisa kita amati dengan seksama bahwa kualitas grafis PUBG Mobile lebih unggul dibanding Free Fire. Walaupun tidak begitu jauh, namun satu tingkat diatas Free Fire. Tapi dibalik itu semua, akan terasa sedikit berbeda jika perangkat yang digunakan untuk bermain PUBG Mobile memiliki kualitas atau spek yang rendah. Hal itu menyebabkan Kualitas grafik PUBG akan turun cukup drastis ketika dimainkan di perangkat dengan spek yang rendah.

Sangat berbeda dengan Free Fire yang akan terlihat menarik meskipun digunakan pada perangkat yang memiliki spek rendah. Itu semua disebabkan karena Free Fire adalah game yang memiliki ukuran kecil ataupun Low Spec. Dengan begitu nampak sudah Gerakan karakter lebih kaku ketimbang game PUBG.

5. Zona

Dari kedua game ini sama-sama memiliki Zona Merah, dimana dalam zona tersebut banyak sekali terjadi pengeboman yang sangat brutal, menantang namun seru.

Dalam game Free Fire menghadirkan  Zona UAV yang akan memunculkan drone sehingga bisa mendeteksi keberadaan player kita sendiri dan juga musuh. Artinya dengan zona UAV tersebut kita bisa membuat persiapan ataupun berjaga-jaga ketika terdeteksi musuh, tapi dengan zona tersebut adrenalin ataupun tantangan dari game itu sendiri menjadi berkurang, tidak ada rasa deg-degan ketika jumpa dengan musuh karena sudah diperingati oleh zona UAV.

Lain halnya dengan PUBG Mobile yang tidak menampilkan keberadaan musuh namun tetap menampilkan zona merah. Yang artinya adrenaline dan tantangan itu cukup kuat di game PUBG, dan yang membuat seru dari game itu sendiri adalah seberapa besar tantangan itu bisa dilewati.

6. Kontrol Game

Keunggulan Free Fie terdapat dari segi kontrol game yang tidak ribet. Sedangkan PUBG menggunakan sistem kontrol yang cukup menantang dan sangat cocok untuk gammers yang suka tantangan.

Dalam game PUBG Mobile tidak memiliki Auto AIM seperti di game Free Fire. Jadi kita harus benar-benar membidik musuh dengan akurat. Lain dengan Free Fire yang memiliki auto aim yang membuat game ini lebih mudah dimainkan, karena bidikan senjata langsung mengarah ke tubuh musuh tanpa perlu bersusah mengarahkan.

7. Fitur

Fitur sangat penting untuk game yang dimainkan secara online. Dari bidang kelengkapan fitur, PUBG Mobile lebih lengkap soal fitur ketimbang Free Fire. Seperti halnya fitur chat dan Voice yang membuat player agar lebih mudah berkomunikasi sesama player. Bisa kita lihat Voice Chat di Free Fire masih kurang maksimal hasil suaranya, kadang rada-rada kurang jelas dan bersemut.

Namun berbeda dengan game PUBG Mobile, voice chat sangat jernih dan terdengar jelas tanpa masalah sedikitpun dan juga fitur quick chat yang memudahkan jika meminta bantuan ataupun memberikan tanda tempat posisi musuh.

Nah, buat kalian yang seorang gamer bertipe penyerang langsung tanpa ampun, Free Fire bisa jadi game yang pas buat kalian mainkan. Namun jika ingin bermain dengan taktik dan strategi bersama teman, PUBG Mobile bisa jadi pilihan yang paling pas dan cocok buat kalian.

8. Selogan

Perbedaan yang terakhir ini sebenarnya tidak terlalu penting, namun cukup untuk menambah pengetahuan. Jika saat berhasil menang dalam game PUBG Mobiile, maka akan memunculkan tulisan Winner Winner Chicken Dinner yang selaku selogan kemenangan mereka. Sedangkan dalam game Free Fire jika memenangkan pertandingan, maka akan memunculkan tulisan Booyah dengan logo ayam.

Penutup

Itulah perbedaan paling mencolok dari game PUBG Mobile dan Free Fire. Walaupun memiliki kesamaan soal gameplay dan visi misi, namun perbedaan-perbedaan soal grafis dan fitur-fitur yang lainnya tidak bisa terelakkan. Nah, dengan perbedaan dari kedua game diatas, kami harap kalian bisa menemukan game yang cocok untuk kalian mainkan. Baik menentukannya dengan melihat grafis, ukuran game, strategi bermain ataupun yang lainnya. Kalian sendiri yang menentukan akan bermain game yang mana. Oke, Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel