Daftar Online Sekolah di Situs PPDB Tahun 2019/2020

Tahun ajaran baru akan segera dimulai dan Penerimaan siswa/siswi baru pada saat ini telah mengalami perubahan. Tidak hanya berbasis offline saja namun juga melalui online. Saat ini penerimaan siswa dan siswi di beberapa kabupaten kota sudah menggunakan sistem pendaftaran online, jadi buat kalian yang bertempat tinggal seperti Jakarta, Banten, Jawa Timur, Jawa Barat dan Bali harus bergembira. Karena penerimaan siswa dan siswi baru didaerah tersebut sudah menggunakan sistem online.

Untuk melakukan pendaftaran kalian bisa mengakses situs SIAP-PPDB.com. Tujuan sebenarnya dari pendaftaran online siswa dan siswi baru ini adalah untuk memudahkan siswa dan siswi mengakses dari mulai proses penerimaan sampai dengan pengumuman secara berkala. Jadi para siswa/siswi atau wali murid tidak perlu antri panjang di sekolah hanya untuk menebus formulir pendaftaran.

cara daftar online sekolah tahun 2019/2020

Walaupun tujuannya untuk mempermudah namun pendaftaran online siswa dan siswi baru memiliki kelebihan dan kekurangan.

➧ Kelebihannya adalah pendaftaran melalui online lebih mudah dibandingkan dengan daftar secara langsung, dengan hanya duduk dirumah dan melakukan konfirmasi ke Dinas setempat sudah langsung selesai tanpa membuang banyak waktu.

➧ Kekurangannya, jelas masih banyak siswa dan siswi yang masih kebingungan untuk mendaftar online. Hal itu diperparah lagi dengan kasus wali murid yang tidak tau teknologi atau internet. Jadi hal tersebut membuat mereka malas melakukan daftar online.

Cara Daftar Sekolah Melalui Online Tahun 2019/2020

1. Buka situs resmi siap-ppdb.com.

2. Jika sudah terbuka, langsung saja klik login.


3. Karena belum pernah mendaftar, jadi kalian harus klik daftar baru.



4. Selanjutnya kalian bisa memasukkan alamat email yang masih aktif. Dan klik lanjut. Jika belum memili email silahkan buat email terlebih dahulu.


5. Jika sudah tampil seperti gambar dibawah. Selanjutnya, silahkan isi biodata sesuai dengan yang diminta. Jika sudah terisi sesuai data diri kamu, kemudian klik lanjut.


6. Setelahnya, silahkan isi password. Kami sarankan agar membuat password yang mudah untuk diingat. Dan jangan lupa ikuti kode chapta dan ketik di kolom “Masukkan Kode Diatas”. Jika sudah klik lanjut.


7. Kemudian kalian akan dimintai untuk memasukkan kode aktifasi. Kode tersebut dikirim melalui email yang sudah kalian daftarkan di awal, jadi kalian harus membuka email kalian untuk mengambil kode tersebut. Jika sudah mendapatkan kode tersebut, silahkan masukkan lalu klik lanjut.


“Perlu diingat” setiap orang memiliki kode yang berbeda, jadi pastikan email kamu aktif agar bisa mengambil kode tersebut.

8. Nah, kamu telah selesai mendaftar akun pendaftaran online.

Setelah berhasil membuat akun. Jangan lupa untuk memilih jenjang pendidikan sesuai dengan yang akan didaftar, seperti SD, SMP, SMA. Jika semua proses pendaftaran sudah dirasa benar dan terselesaikan, segera lakukan pengiriman formulir online melalui situs yang telah disebutkan diatas.

Proses pendaftaran yang sudah diikuti akan meminta wali murid untuk mengkonfirmasi data melalui dinas setempat. Dan jangan lupa untuk mencetak bukti pendaftaran, menyelesaikan pendaftaran dan mencatat jadwal tes sesuai yang telah ditetapkan oleh panitia ditempat masing-masing. Proses kelengkapan akan dilakukan di dinas setempat, jadi kami sarankan untuk mempersiapkan diri untuk mengikuti tes seleksi siswa dan siswi baru.

Kami rasa cukup sekian artikel singkat ini. Yang terpenting adalah dengan mengikuti prosedur pendaftaran sampai selesai dipastikan kalian akan merasakan kemudahan dalam proses pendaftaran. Semoga bermanfaat terutama bagi calon siswa dan siswi tahun ajaran baru. Dan semoga diterima di sekolah-sekolah yang kalian inginkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel