10+ Fitur Terbaru Android Pie 9.0 Mantap Jiwa!

Android versi 9 atau Pie merupakan pembaruan berlanjut dari Android 8.1 atau Oreo, untuk versi pengembangan Android 9 Pie pertama kali dirilis pada tanggal 7 Maret 2018 dan dirilis resmi ke publik pada tanggal 6 Agustus 2018. Pada awalnya Android Pie hanya tersedia untuk perangkat Google Pixel dan Essensial Phone. Lalu Sony Xperia XZ3 menyusul sebagai perangkat pertama dengan OS Android Pie yang sudah terinstal.

Fitur terbaru android Pie

Fitur terbaru dari Android 9 Pie

1. Pengatur Waktu Aplikasi

Kamu bisa menetapkan batas waktu pada aplikasi dan setelah ponsel kamu, sehingga menggunakannya untuk periode yang ditentukan Android secara otomatis.

2. Kecerahan Adaptif

Kecerahan otomatis Android sekarang lebih pintar dari biasanya, karena sekarang kamu dapat melatihnya untuk mengetahui tingkat kecerahan layar saat menggunakan aplikasi tertentu dan di lingkungan yang berbeda.

3. Gerakan Navigasi Baru

Android telah menggunakan bilah navigasi tiga tombol standar di bagian bawah layar sejak lama. Di Android 9 Pie, kamu dapat menekan tombol Kembali , Beranda , dan Terbaru standar yang mendukung sistem navigasi berbasis gesture baru.

4. Mode Gelap

Kamu dapat secara manual memilih untuk menjadika layar ponsel kamu menjadi gelap di dengan menuju ke Pengaturan> Sistem> Tampilan> Lanjutan> Tema perangkat dan memilih Gelap .

5. Peningkatan Fitur Keamanan

Ada dua peningkatan keamanan di Android Pie.
Yang pertama adalah bahwa versi Android Pie membatasi microphone, kamera, dan semua sensor dari aplikasi yang tidak digunakan. Ini artinya bahwa jika kamu telah memberikan izin aplikasi untuk mengakses mikrofon, itu tidak akan bisa mengaktifkannya, kecuali jika kamu menggunakannya secara aktif.

Yang kedua, mode kuncian baru membentengi ponsel dalam situasi darurat. Setelah mengaktifkan fitur keamanan ini di Pengaturan> Keamanan & lokasi> Preferensi layar kunci> Tampilkan opsi kuncian, kamu dapat mengetuk Penguncian pada menu daya. Ini secara otomatis mengunci ponsel Anda, menonaktifkan pembukaan kunci sidik jari dan Smart Lock, dan menyembunyikan pemberitahuan di layar kunci. Kamu harus menggunakan PIN, kata sandi, atau pola untuk membukanya.

6. Rotasi Layar Lebih Mudah

Ponsel secara otomatis mengalihkan orientasi layar berdasarkan pada bagaimana letaknya. Kamu dapat mengunci orientasi ke potret atau lanskap, tetapi ini akan terasa menyebalkan jika harus sering berganti. Di Android 9 Pie, jika Rotasi otomatis dimatikan, kamu akan melihat ikon baru di sisi kanan bilah navigasi saat memutar perangkat ke lanskap. Ketuk untuk mengunci orientasi lanskap, dan itu akan tetap ada bahkan jika kembali ke potret. Cukup ketuk ikon lagi untuk memutar kembali ke potret.

7. Volume dan Peningkatan Suara

Ketika menekan tombol Volume, kamu akan melihat slider muncul di sisi kanan, bukan pula di atas. Fitur volume sederhana ini membuat lebih mudah untuk menghindari membuka video YouTube yang secara tidak sengaja memutarnya.

Android Pie juga memberikan lebih banyak opsi Bluetooth. Kamu dapat memiliki hingga lima koneksi Bluetooth secara bersamaan. Panggilan akan masuk ke semua perangkat Bluetooth yang mampu menanganinya.

8. Dukungan Beberapa Kamera

Dengan Android Pie , pengembang dapat secara bersamaan mengakses stream dari 2 kamera fisik dengan menggunakan API multi-kamera. Selama ponsel Kamu menggunakan kamera belakang ganda atau kamera depan ganda, ponsel kamu siap melakukannya.

9. Semua Aplikasi menggunakan HTTPS

Ini adalah fitur paling ditunggu bagi pengguna Android yang diberi informasi keamanan. Kamu akan senang mengetahui bahwa semua aplikasi di Android Pie menggunakan HTTPS secara default. Itu berarti Android peduli dengan privasi kamu.

10. Aplikasi Pesan yang Ditingkatkan

Sekarang Kamu dapat melihat gambar di aplikasi pesan dan memanfaatkan balasan cerdas untuk menanggapi pesan menggunakan bayangan pemberitahuan. Selain itu, Android menyarankan respons cepat yang dapat kamu gunakan dengan menganalisis pesan yang masuk.

Sebenarnya masih banyak lagi fitur dari Android 9 Pie. Namun disini tidak kami cantumkan semuanya. Diatas atalah fitur-fitur terbaru dan penting yang dimiliki oleh Android Pie.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel